Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger, 100% Work!

Sekilas Tentang Kode ?m=1 dan ?m=0 Pada Akhiran URL Blogger/Blogspot

cara-menghilangkan-kode-m-1-dan-m-0-pada-url-blogger

Jika kita mengakses sebuat blog dengan platform Blogger/Blogspot melalui smartphone/ponsel maka di akhiran URL tersebut terdapat kode ?m=1. Sedangkan untuk akses melalui PC/komputer belum tentu terdapat akhiran ?m=0. Entah mengapa demikian, saya belum menemukan jawaban pastinya.

Apa maksud kode m=1 dan m=0?

Kode m disini berarti Mobile atau yang berarti perangkat yang bisa dibawa mobilitas terkhusus pada ponsel/smartphone. Jadi pada kode m=1 berarti perangkat tersebut perangkat mobile dan sebaliknya pada m=0 berarti perangkat desktop atau komputer, termasuk laptop.

Mengapa kode m=1 dan m=0 perlu dihilangkan dan efeknya?

Sebenarnya tidak ada alasan yang benar-benar pasti mengapa menghapus kode tersebut dari url blogger diperlukan. Tetapi menurut analisis Admin, manfaatnya adalah alamat/link blog menjadi lebih rapi dan sederhana. Jadi kesannya seperti blog dengan platform selain blogger(khusus blog yang sudah terpasang custom domain lho).

Sedangkan dalam urusan SEO sepertinya tidak ada efeknya. Meskipun ada sebagian blogger yang menganggap akan terdapat duplikat konten jika kode tersebut tidak dihilangkan. Nyatanya teori tersebut sama sekali tidak bisa dibuktikan.

Dari berbagai artikel referensi yang Admin baca, bot Google maupun search engine lainnya  tidak terpengaruh dengan penghapusan kode m=1 dan m=0 ini. Jadi tidak perlu kuatir deh akan pengaruh peringkat blog di SERP(Search Engine Results Pages) karena Admin sudah menerapkannya di blog bertahun-tahun yang lalu

Langkah-langkah Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 Pada URL Blogger

Berikut ini admin jabarkan secara lengkap cara menghapus m=1 dan m=0 pada link blogger blogspot disertai gambarnya, yang pasti 100% work dan sangat mudah diterapkan.

1. Buka Halaman Dasbor Blogger.Com, Pilih Menu Tema, lalu klik Edit HTML

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 di Url Blog

2. Pasang kode script berikut ini tepat di atas/sebelum tag penutup </body>

Kode Script

<!--menghilangkan ?m=1 dan ?m=0 url blog - pbn.my.id-->
<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
</script>
Pastikan tidak ada kode yang diubah/dihapus untuk menghindari script tidak berfungsi/error.
Langkah-langkah Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 Pada URL Blogger
Untuk mempermudah pencarian tag </body> silakan gunakan menu pencarian. Caranya klik sembarang pada kode HTML template, lalu tekan tombol kombinasi Laptop atau PC kamu yaitu ctrl + F lalu ketik /body dan tekan tombol ENTER.
Atau kamu bisa langsung scroll ke bagian paling bawah template kamu, karena posisi </body> berada di baris terakhir sebelum penutup tag </html>

3. Simpan template blogger yang sudah dipasang kode script

Setelah kode terpasang, klik tombol SAVE yang posisinya di pojok kanan atas(bawah akun Google). Pastikan ada keterangan Update Berhasil di bagian pojok kiri bawah template yang berarti kode HTML valid.

4. Coba akses blog kamu melalui perangkat seluler maupun PC

Selanjutnya lakukan uji coba akses blog dengan smartphone maupun komputer, lihat bagian akhir URL blog apakah kode ?m=1 atau ?m=0 sudah hilang atau belum.
Kalau masih, berarti ada langkah yang terlewatkan atau salah. Silakan cermati langkah di atas dan ulangi lagi.

Kesimpulan

Sebenarnya menghilangkan kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL blogger itu belum terbukti secara pasti apakah ada efek terhadap kualitas SEO suatu blog. Pilihan untuk menghapus atau tidak ada di tangan rekan-rekan blogger sendiri, semua tergantung pilihan masing-masing.
Demikian artikel tutorial menghilangkan m=1 dan m=0 pada link blogger blogspot. Semoga bermanfaat dan jika ada yang perlu ditanyakan atau teman-teman ada pendapat dan pengalaman lain silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger, 100% Work!"

diskon shopee